Siti Hadijah (Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTSN 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2016/2017)

Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar siswa kelas VII C MTS Negeri 01 Dompu Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, proses pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. Masalah utama dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII C MTS Negeri 01 Dompu?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain deskriptif. Sasaran sekaligus subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII C MTS Negeri 01 Dompu Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak orang yang terdiri 15 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Instrumen yang
digunakan adalah format observasi aktifitas belajar dan Format Nilai Hasil Belajar, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa kelas VII C MTS Negeri 01 Dompu. Dengan uraian Pada siklus I Nilai rata–rata hasil Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia siswa adalah 81,57 meningkat menjadi 96,19 pada siklus II, Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model
pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII C MTS Negeri 01 Dompu.

Published

2018-10-14

How to Cite

Siti Hadijah (Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTSN 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2016/2017): Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (2018). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(3), 94-101. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/26