Problem Based Learning Berbantu Media PhET Simulations untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Bella Shintia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Meyta Dwi Kurniasih Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media PhET Simulations terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SD Negeri Srengseng Sawah 15. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 49 peserta didik kelas IV SDN Srengseng Sawah 15, peserta didik dari kelas IV-B berjumlah 25 dan peserta didik dari kelas IV-C berjumlah 24. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test yang berjumlah 21 soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, instrumen yang digunakan telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t. Hasil yang diperoleh yaitu    artinya terdapat perbedaan yang siginifikan antara kelas dengan menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Media PhET Simulations dan kelas dengan model konvensional terhadap hasil belajar matematika. Jika dilihat dari rata-rata hasil belajar matematika, nilai peserta didik kelas dengan Model Problem Based Learning berbantuan Media PhET Simulations lebih tinggi di bandingkan dengan kelas dengan menggunakan model konvensional.

Published

2023-09-02

How to Cite

Shintia, B. ., & Kurniasih, M. D. . (2023). Problem Based Learning Berbantu Media PhET Simulations untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6989-6993. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2621