Pengaruh Reward terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2627Abstract
Pengaruh Reward terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini
Penelitian ini mempunyai tujuan apakah ada pengaruh Reward Terhadap Motivasi belajar Anak Usia Dini pada TK Yapis 1 Manokwari Papua Barat Kelompok B. Menggunakan penelitian jenis kuantitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 30 anak dengan hasil yang sangat memuaskan yaitu adanya pengaruh yang signifikan kepada anak-anak yang diberikan reward menunjukkan adanya motivasi belajar yang baik dibandingkan sebelum adanya pemberian reward. Menunjukkan bahwa sebanyak 75 % dari jumlah anak termotivasi belajar setelah mendapatkan reward baik itu reward berupa finansial ataupun non finansial. Dari hasil tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa motivasi belajar memang harus diberikan terlebih kepada anak usia dini sehingga mereka lebih termotivasi dalam belajar atau melaksanakan pembiasaan-pembiasan baik yang diajarkan atau di contohkan oleh guru.