Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik

Authors

  • Ai Susi Nurmilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karlimah Karlimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cece Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2661

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya sekadar memahami rumus dan menghitung angka, tetapi juga harus mampu mengajarkan siswa untuk berpikir secara rasional, faktual, dan sistematis dalam pemecahan masalah kehidupan nyata. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan matematika realistic. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber yang relevan dengan topik yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik memiliki dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Melalui pembelajaran PMR, siswa diarahkan untuk memahami matematika dengan cara yang bermakna dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa mampu mengaitkan antara matematika dan kehidupan nyata. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pembelajaran PMR dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dalam prosesnya, siswa juga dilatih untuk berpikir kreatif dan kritis dalam memecahkan masalah matematis. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar.

Published

2023-08-01

How to Cite

Nurmilah, A. S. ., Karlimah, K., & Rahmat, C. . (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5911-5916. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2661