Analisis Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar dalam Tahapan Menulis Tompkins Melalui Model Think Talk Write

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2669

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa dengan mengungkapkan pikiran dan perasaan ke dalam bentuk tulisan. Di sekolah dasar, umumnya keterampilan menulis dilakukan sampai tahap menghasilkan sebuah karangan atau tulisan. Saat ini keterampilan Abad 21, yakni 4C sangat diperlukan untuk membekali siswa agar mampu berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif. Model Think Talk Write merupakan model pembelajaran dengan alur proses berpikir, mengembangkan, mengemukakan, dan menuliskan ide ke dalam bentuk tulisan.  Adapun salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan 4C dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu melalui analisis keterampilan menulis siswa dalam tahapan menulis Tompkins melalui Model Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan menulis siswa sekolah dasar dan meningkatkan kualitas hasil tulisan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model triangulasi. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 69% siswa belum runtut dalam organisasi isi tulisan, 65% siswa rendah dalam kaidah penulisan, dan 59% siswa belum memiliki tulisan yang rapi. Aspek keterampilan menulis yang dalam penelitian ini, meliputi: organisasi isi, kaidah penulisan, dan kerapian tulisan. Aspek organisasi isi tulisan berkaitan dengan kesesuaian judul dan isi tulisan, gagasan utama dan gagasan penjelas, susunan kalimat lengkap, dan setiap kalimat saling berhubungan. Adapun kaidah penulisan memuat pemilihan kata sesuai ejaan, penggunaan huruf kapital, penulisan tanda baca, dan keefektifan kalimat. Sedangkan kerapian tulisan, meliputi kebersihan, kesesuaian, kejelasan, dan proporsional.

Published

2023-08-01

How to Cite

Analisis Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar dalam Tahapan Menulis Tompkins Melalui Model Think Talk Write. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5951-5955. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2669