Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2724Abstract
Tujuan dari pendidikan ialah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa sehingga memperoleh hasil belajar. penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. Model Discovery Learning adalah model pembelajaran yang pada penerapannya berusaha melibatkan siswa untuk aktif dan menemukan sendiri suatu konsep atau pengetahuannya, hal ini bertujuan agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilaksanakan di dalam kelas bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap permasalahan yang muncul di dalam kelas tersebut, guna untuk meminimalisir proses pembelajaran menjadi lebih baik.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II pertemuan 2 menunjukkan bahwa motivasi belajar 10,71% (3 peserta didik) pada kategori sangat rendah, 10,71% (3 peserta didik) pada kategori rendah, 25% (7 peserta didik) pada kategori sedang, 39,29% (11 peserta didik) pada kategori tinggi, 14,29% (4 peserta didik) pada kategori sangat tinggi. Adapun hasil belajar IPA pada siklus II pertemuan 2 adalah 82,14% atau 23 peserta didik yang tuntas atau telah mencapai KKM, sedangkan 17,86% atau 5 peserta didik lainnya tidak tuntas atau tidak mencapai KKM. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar siswa kelas IV di SD Negeri 05 senakin serta dapat melatih kemampuan berpikir dalam menemukan ilmu pengetahuan dan menyelesaikan permasalahannya secara mandiri.