Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Menggunakan Learning Management System (LMS) dalam Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2755Abstract
Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Menggunakan Learning Management System (LMS) dalam Blended Learning
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematika merupakan kemampuan berpikir dalam menarik kesimpulan dan menghasilkan pernyataan pada pemecahan masalah. Dalam kondisi sekarang penggunaan aplikasi LMS sangat dibutuhkan sebagai salah satu solusi dalam blended learning. Dengan adanya aplikasi LMS, proses pembelajaran sangat terbantu dalam mengatasi hambatan siswa dan guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan LMS (Learning Management System) dalam blended learning. Penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan tes dan wawancara dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa di salah satu SMA Negeri di Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa dalam blended learning meningkat dengan menggunakan LMS karena memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami pelajaran matematika karena sudah memuat materi, contoh soal beserta penyelesaiannya dan tugas.