Gaya Bahasa pada Video YouTube Sherly Annavita Terkait Isu Aktual Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2765Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan Sherly Annavita Rahmi dalam Channel Youtubenya yang membahas terkait isu aktual tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kutipan yang mengandung gaya tutur. Penelitian ini menggunakan teknik mentranskrip, karena sumber data yang digunakan adalah dokumen lisan, yaitu berupa video dari channel youtube Sherly Annavita dengan mengambil 5 video terkait isu aktual. Teknik analisis data yaitu dimulai dengan menyusun data berdasarkan bulan dipostingnya ke internet, dilanjutkan ke tahap mentranskrip data lisan ke data tulisan, lalu mengidentifikasi data lisan yang termasuk gaya bahasa serta maknanya. Pada tahap terakhir peneliti mengumpulkan data kalimat bergaya bahasa beserta maknanya. Berdasarkan hasil penelitian, gaya bahasa yang ditemukan sebanyak 44 gaya tutur dari jumlah 15 gaya bahasa. Berdasarkan hasil analisis gaya bahasa yang ditemukan sesuai teori Tarigan (2009) yang mengelompokkan gaya bahasa menjadi empat kelompok hasil analisisnya yang pertama gaya bahasa perbandingan terdapat 4 jenis gaya bahasa diantaranya: 1) gaya bahasa repetisi, 2) gaya bahasa antitesis, 3) gaya bahasa metafora, 4) gaya bahasa tautologi, 5) gaya bahasa simile atau persamaan. Kedua, gaya bahasa pertentangan terdapat 3 jenis gaya bahasa 1) oksimoron, 2) ironi, 3) litotes. Ketiga, gaya bahasa pertautan terdapat 3 gaya bahasa diantaranya 1) pertanyaan eritosis/retoris, 2) eufemisme, 3) metonomia. Keempat, gaya bahasa perulangan diantaranya: 1) anadolfis, 2) efanalepsis, 3) anaphora. Namun terdapat juga penggunaan gaya bahasa persuasif. Adapun berdasarkan hasil analisis peneliti dapat menyimpulkan bahwa gaya bahasa yang sering digunakan penutur adalah gaya bahasa perbandingan serta gaya bahasa pertautan.