Implementasi Sistem Informasi Manajemen Melalui Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2766Abstract
Kebutuhan akan tenaga kerja yang berkualitas kini menjadi kebutuhan setiap bangsa untuk memperjuangkan peradabannya. Untuk itu, diciptakanlah wadah khusus bagi para guru untuk mengembangkan potensi dan keterampilannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana MMP (Merdeka Mengajar Platform) dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dan kualitas sistem informasi manajemen. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. MMPs sebagai sarana peningkatan kinerja guru di sekolah dasar sangat penting dan mendukung proses pembelajaran. Selain itu, guru juga mendapatkan layanan untuk menyempurnakan, menambah wawasan dan mendapatkan banyak inovasi dan ide kreatif melalui fitur-fitur yang ditawarkan. Meskipun demikian, peneliti masih menemukan kelemahan pada MMP. Hal ini berarti guru kurang mahir dalam menggunakan MMP, suatu strategi implementasi yang perlu dikembangkan lebih lanjut.