Pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII2 SMP Swasta PAB 7 Tandam Hilir

Authors

  • Siti Nur Azizah STKIP Al-Maksum Langkat, Sumatera Utara, Indonesia
  • Kahar Mashuri STKIP Al-Maksum Langkat, Sumatera Utara, Indonesia
  • Yusda Novianti STKIP Al-Maksum Langkat, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2767

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh signifikansi terhadap minat belajar siswa setelah penerapan aplikasi quiziz sebagai media pembelajaran pada kelas VII2 SMPS PAB 7 Tandam Hilir. penelitian ini menggunakan One-Shot Case Study. Sample dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII2 berjumlah 36 siswa dari populasi seluruh siswa SMP Swasta PAB 7 Tandam Hilir  yang di ambil dari teknik Simple Purposive. Penerapan media pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz di lakukan 3 kali pertemuan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari analisis data menggunakan SPSS Versi 18 Hasil Uji t (Parsial) bahwa nilai (sig) 0,072 kurang dari (<) 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Aplikasi Quizizz X terhadap minat belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi quiziz mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPS Kelas VII2 SMP PAB 7 Tandam Hilir.

Published

2023-09-01

How to Cite

Azizah, S. N. ., Mashuri, K. ., & Novianti, Y. . (2023). Pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII2 SMP Swasta PAB 7 Tandam Hilir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6470-6475. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2767