Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK

Authors

  • Annisa Mayasari STAI Sabili Bandung, Indonesia
  • Yuli Supriani IAI Agus Salim Lampung, Indonesia
  • Opan Arifudin Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Sistem Informasi, Kualitas Layanan, Pembelajaran

Abstract

Pembangunan bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Masyarakat yang berbudaya dimana manajemen pelayanan pendidikan terlayani secara efisien dan efektif kepada pelanggannya. Oleh karena itu, sistem informasi manajemen sekolah berbasis IT harus diterapkan di sebuah sekolah. Pengambil keputusan bagian pendidikan memiliki peran penting dalam sistem informasi manajemen pendidikan, terutama dalam perencanaan, pengawasan, pemantauan dan evaluasi. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih lanjut tentang penerapan sistem informasi manajemen (SIM) untuk meningkatkan kualitas layanan belajar-mengajar di SMK. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan metode deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK N 2 dan SMK N 6 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sistem informasi manajemen akademik dalam meningkatkan kualitas layanan belajar mengajar di SMK. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan SIM akademik sudah cukup baik, pelaksanaan SIM akademik dilakukan oleh kepala sekolah dan tim akademik SIM dan hasilnya cukup baik. Meski demikian, saluran informasi belum berjalan secara maksimal.

Published

2021-09-11

How to Cite

Mayasari, A., Yuli Supriani, & Opan Arifudin. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340-345. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/277