Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Seluruh Puskesmas Kota Salatiga Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2770Abstract
Puskesmas merupakan salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan publik dalam bidang kesehatan kepada masyarakat yang memiliki peran strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan memuaskan bagi masyarakat sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Survei Kepuasan Masyarakat perlu dilakukan sebagai tolok ukur dalam menilai tingkat kualitas pelayanan di puskesmas. Kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan masyarakat di seluruh puskesmas Kota Salatiga tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi yang kuat sebesar 0,623. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan sebesar 38,8% sedangkan sisanya 61,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari penelitian ini diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat yang mengunjungi dan menggunakan fasilitas puskesmas di Kota Salatiga.