Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecakapan Abad 21 melalui Literasi Digital

Authors

  • Lutfiah Fatmah Sujanto Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Zaki Kurniawan Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Abdul Holik Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2791

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan untuk meningkatkan tentang sejauh mana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan bagaimana seharusnya meningkatkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital. Hal tersebut di latar belakangi karena rendahnya tingkat kecakapan siswa pada abad 21 ini. Metode penelitian ini menggunakan wawancara (interview) kepada beberapa murid dan beberapa guru PAI dalam meningkatkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI masih minimnya siswa untuk meningkatkan kecakapan abad 21 peserta didik melalui literasi digital. Sehingga kesadaran bersama dalam hal peningkatan kecakapan abad 21 melalui literasi digital sangatlah penting untuk kedepannya.

Published

2023-09-01

How to Cite

Sujanto, L. F. ., Kurniawan, Z. ., & Holik, A. . (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecakapan Abad 21 melalui Literasi Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6534-6540. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2791