Analisis Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SDN 32/I Pematang Lalang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2797Abstract
Pendidikan memiliki makna agar sebuah proses belajar yang dilakukan dapat terwujudkan dalam pengembangan potensi peserta didik. Suatu pendidikan dapat dilakukan dengan pengukuran perencanaan terlebih dahulu. Pribadi peserta didik yang diharapkan berdasarkan pendidikan yang telah diberikan adalah peserta didik dapat memiliki jiwa berbangsa, bernegara, masyarakat, berakhlak mulia, memiliki kecerdasan, kebribadian, pengendalian diri, dan memiliki sikap spiritual dalam bidang kegamaan. Tujuannya menganalisis terkait pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan di SDN 32/I di Pematang Lalang. Penulisan artikel ini menggunakan jenis kualitatif yang dilaksanakan di SDN 32/I Pematang Lalang. Hasil yang didapatkan adalah Standar pengelolaan kependidikan merupakan salah satu poin penting yang harus ada dalam lembaga pendidikan tersebut dalam mengelola suatu pendidikan. Pengelolaan kependidikan merupakan salah satu poin penting yang harus ada dalam lembaga pendidikan tersebut dalam mengelola suatu pendidikan. Proses pendidikan dikelola oleh pemerintah pusat ataupun daerah serta satuan pendidikan. Pengelolaan kependidikan khususnya pada jenjang sekolah dasar ada beberapa poin yang harus diperhatikan diantaranya adalah sistem informasi, kepemimpinan sekolah, evaluasi dan pengawasan, pelaksanaan, serta perencanaan. Simpulan dari kegiatan yang dilakukan adalah pengelolaan kependidikan yang di implementasikan di SDN 32/I Pematang Lalang diantaranya adalah sistem informasi, kepemimpinan sekolah, evaluasi dan pengawasan, pelaksanaan, serta perencanaan sudah dilakukan dan berjalan dengan baik. Selanjutnya pengelolaan tenaga pendidikan di SDN 32/I Pematang Lalang dilakukan sejak awal dalam proses penerimaan calon pendidik baru.