Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesional Guru untuk Mewujudkan Sekolah Efektif di Sekolah Dasar

Authors

  • Ria Puspita Sari Universitas Jambi, Indonesia
  • Roja Juita Universitas Jambi, Indonesia
  • Endang Nofriani Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2798

Abstract

Mewujudkan sekolah yang efektif sangat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah kepemimpinan kepala sekolah dan profesional guru. Tujuan penulisan ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesional Guru Untuk Mewujudkan Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi yang digunakan untuk mengukur kekuatan hubungan antar variabel. Variabel bebas adalah kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan Profesional guru (X2) dan sekolah efektif (Y) sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah dan profesional guru berpengaruh signifikan dalam mewujudkan sekolah yang efektif di SDN 55/I Sridadi. Artinya semakin baik kepala sekolah dan guru melaksanakan perannya disekolah maka semakin efektif sekolah tersebut.

Published

2023-09-01

How to Cite

Sari, R. P. ., Juita, R. ., Nofriani, E. ., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesional Guru untuk Mewujudkan Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6596-6601. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2798