Manajemen Pembelajaran dalam Pengembangan Proyek Penguatan Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Al-Amin (P5RA) di MAN 1 Nganjuk

Authors

  • Rosyida Rahmatul Haq Universitas Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Nur Ali Maulana Malik Ibrahim State Islamic University, Malang, Indonesia
  • Abdul Bashith Universitas Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Fadila Zannuba Arifah Universitas Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Irma Dwi Amalia Universitas Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Nurul Yaqin Universitas Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2815

Abstract

Menajemen pembelajaran sangat penting kedudukannya dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Manajemen pembelajaran dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Al-amin sebagai upaya pencapaian kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di MAN 1 Nganjuk. Subjek peneletian ini adalah pengelolaan pembelajaran untuk projek penguatan profil pelajar pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran dalam projek penguatan pelajar pancasila melalui fungsi-fungsi manajemen dimulai dari perencanaan, implementasi dan evaluasi.

Published

2023-09-02

How to Cite

Haq, R. R. ., Ali, N. ., Bashith, A. ., Arifah, F. Z. ., Amalia, I. D. ., & Yaqin, N. . (2023). Manajemen Pembelajaran dalam Pengembangan Proyek Penguatan Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Al-Amin (P5RA) di MAN 1 Nganjuk. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6739-6743. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2815