Analisis Penerimaan Generasi Z terhadap Gaya Hidup Hedonisme dalam Konten “How Much I Spend In A Day” pada Akun TikTok @Skincareans

Authors

  • Yovita Nathania Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Diana Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2830

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerimaan anak muda generasi Z terhadap gaya hidup hedonisme dalam konten “How Much I Spend In a Day” pada akun TikTok @skincareans. Pada tayangan video ini content creator TikTok menunjukkan aktivitas kesehariannya dan juga menyertakan bukti nota atas pembelian lengkap dengan nominal yang dikeluarkan pada satu hari tersebut. Hal ini menarik untuk diteliti untuk mengetahui bagaimana anak muda generasi z khususnya perempuan memaknai pesan yang ada dalam tayangan video tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi analisis resepsi. Jumlah informan sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dari Focus Group Discussion (FGD) dan In Dept Interview (wawancara mendalam). Penelitian ini menggunakan teori encoding-decoding Stuart Hall yang mana pembuat pesan menciptakan pesan dengan makna tertentu yang diharapkan dapat diterima oleh khalayak namun khayalak dapat memaknai pesan tersebut sesuai dengan pengalaman mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerimaan diantara para informan. Penerimaan anak muda generasi Z terhadap gaya hidup hedonisme dalam konten “How Much I Spend In a Day” pada akun TikTok @skincareans memiliki pemaknaan yang berbeda-beda.  Aspek-aspek yang disajikan dalam video tersebut tidak sepenuhnya disetujui oleh para informan. Interpretasi tersebut berasal dari pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari.

Published

2023-09-02

How to Cite

Nathania, Y. ., & Amalia, D. . (2023). Analisis Penerimaan Generasi Z terhadap Gaya Hidup Hedonisme dalam Konten “How Much I Spend In A Day” pada Akun TikTok @Skincareans. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6817-6825. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2830