Pemanfaatan Electronic Word of Mouth (e-WOM) oleh Travel Blogger @Nazzizahh pada Media Sosial Instagram
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2831Abstract
Electronic Word of Mouth (e-WOM) merupakan salah satu bentuk promosi di era digital dengan mendistribusikan dan juga berbagi konten visual mengenai merek atau produk secara informal. Dengan menggunakan Teori Uses And Gratification oleh Elihu Katz, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana travel blogger @Nazzizahh dalam memanfaatkan Electronic Word of Mouth (e-WOM) pada media sosial Instagram. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengambilan data melalui penelusuran virtual, in-depth interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth (e-WOM) membantu dalam penyebaran konten visual mengenai opini, ulasan, rekomendasi dari lokasi pariwisata yang mendorong keputusan untuk berkunjung bagi konsumen potensial. Selain itu, @Nazzizahh meningkatkan e-WOM dengan ikut serta berinteraksi dengan para pengikutnya di media sosial sebagai pencari opini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa akun @Nazzizahh memanfaatkan e-WOM melalui media sosial Instagram untuk promosi dilakukan melalui konten audio visual yang berisi rekomendasi, ulasan, dan opini tentang berbagai lokasi pariwisata dengan tiga dimensi e-WOM yaitu intensitas, arah opini, dan konten.