Analisis Hubungan Beban Kerja Mental dan Stres Kerja pada Call Center di PT X
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2832Abstract
Stres kerja merupakan kondisi emosional yang timbul akibat ketidakseimbangan antara beban kerja dengan kesanggupan individu pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Salah satu pekerjaan yang berpotensi terjadinya stres kerja adalah call center. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis beban kerja mental dengan stres kerja pekerja call center PT X. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional cross-sectional dengan total 63 sampel yang diambil dari total populasi dengan simple random sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan September tahun 2021. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman dan cramer. Data primer dikumpulkan dari kuesioner dan hasil observasi sementara data sekunder didapatkan dari dokumen perusahaan terkait dengan penelitian. Variabel independen adalah beban kerja mental sedangkan variabel dependen adalah stres kerja pada pekerja call center di PT X. Hasil didapatkan bahwa mayoritas pekerja berusia lebih dari sama dengan 30 tahun dan berjenis kelamin perempuan serta ditemukan bahwa tidak terdapat hubungan antara beban kerja mental dengan stres kerja dengan p-value 0,563. Diperlukan pemantauan terhadap para pekerja agar terhindar dari stres kerja dengan mengevaluasi sistem shift yang telah diberlakukan dan mempertahankan untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik.