Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital @surabayaterkini melalui Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) pada Tiktok

Authors

  • Nanda Dhea A.S Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Diana Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2835

Abstract

Berkembangnya internet dan munculnya teknologi baru mempengaruhi gaya hidup manusia ke serba digital, salah satunya adalah penerapan komunikasi pemasaran. Adanya keadaan ini dibutuhkannya strategi komunikasi pemasaran digital yang tepat untuk dapat bertahan diera banyaknya pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital pada Akun @surabayaterkini menggunakan media sosial Tiktok melalui model komunikasi Attention-Interest-Search-Action-Share (AISAS). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik akun @surabayaterkini, Content creator @surabayaterkini, manajer dari akun @surabayaterkini serta followers dari @surabayaterkini di media sosial Tiktok. Objek penelitian dalam penelitian ini merupakan seluruh kegiatan komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh @surabayaterkini di Tiktok. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh @surabayaterkini adalah mengikuti trend dalam konten untuk menarik perhatian, konsisten dalam mengupload video,  pemberian promo khusus dan mengoptimalkan copy writing, serta menggunakan fitur hastag dan share.

Published

2023-09-02

How to Cite

A.S, N. D. ., & Amalia, D. . (2023). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital @surabayaterkini melalui Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) pada Tiktok. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6846-6853. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2835