Analisis Kesalahan Penggunaan Fonem dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP IT Bangkinang

Authors

  • Reni Suryani Universitas Riau, Indonesia
  • Auzar Auzar Universitas Riau, Indonesia
  • Elvrin Septyanti Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2836

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan fonem pada sebuah teks karangan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dalam bentuk tes penulisan teks deskripsi siswa. Data dianalisis dengan langkah- langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian kesalahan penggunaan fonem yang ditemukan dalam teks deskripsi karangan siswa kelas VIII SMP IT Bangkinang adalah terdiri atas perubahan fonem, penambahan fonem dan penghilangan fonem. Hasil penelitian menunjukkan perubahan fonem diklasifikasikan menjadi lima bagian, yaitu: (1) perubahan fonem vokal, (2) perubahan fonem konsonan, (3) perubahan fonem vokal menjadi fonem konsonan. (4) perubahan fonem konsonan menjadi fonem vokal, dan (5) perubahan pelafalan kata atau singkatan. Penambahan dan penghilangan fonem diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu: (1) fonem vokal, (2) fonem konsonan, dan (3) fonem rangkap. Berdasarkan data penyebab kesalahan penggunaan fonem dalam teks deskripsi siswa kelas VIII SMP IT Bangkinang yaitu: kesalahan bahasa lisan yang memengaruhi bahasa dalam tulisan, kesalahan ini sebagai sikap pemudahan pengucapan sehingga menyebabkan pemerolehan bahasa yang kurang tepat. Selain itu, kurangnya pengetahuan menggunakan bahasa, dibuktikan dengan banyaknya temuan menggunakan kata tidak baku dalam kalimat.

Published

2023-09-02

How to Cite

Suryani, R. ., Auzar, A., & Septyanti, E. . (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Fonem dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP IT Bangkinang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6854-6862. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2836

Most read articles by the same author(s)