Penerapan Model SIUUL dalam Meningkatkan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus dalam Kemampuan Berbicara

Authors

  • Shofa Shofa Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2844

Abstract

Penerapan Model SIUUL dalam Meningkatkan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus dalam Kemampuan Berbicara

Keterampilan berbicara adalah salah satu aspek keterampilan berbahasa yang penting karena bahasa digunakan sebagai alat komunikasi sosial. Keterampilan berbicara juga dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus karena dapat mempengaruhi pertumbuhan atau perkembangan mereka secara signifikan dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya Seseorang yang memiliki keterampilan berbicara yang baik akan memiliki keuntungan sosial dan profesional. Mereka dapat mengkomunikasikan informasi melalui bahasa lisan.  Kenyataannya, banyak guru yang tidak menganggap penting atau serius menangani kemampuan berbicara siswa mereka.   Dianggap bahwa keterampilan berbicara dapat dipelajari secara informal di luar sekolah, sehingga pembelajaran di sekolah tidak penting. Model SIUUL adalah salah satu inovasi pembelajaran yang membantu meningkatkan kemampuan menyimak berbicara yang dapat diteraplan pada anak usia dini berkebutuhan khusus. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Model SIUUL ini akan digunakan sebagai acuan dalam proses perencanaan pembelajaran, kolaborasi komponen kurikulum, desain materi dan bahan ajar, strategi teknik dan taktik, dan rancangan dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini berkebutuhan khusus.

Published

2023-09-02

How to Cite

Shofa, S., & Watini, S. (2023). Penerapan Model SIUUL dalam Meningkatkan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus dalam Kemampuan Berbicara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6994-6999. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2844