Analisis Komunikasi Politik dalam Proses Pemenangan Prabowo-Sandi di Kota Makassar pada Tahun 2019

Authors

  • Eva Wahyningsih Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia
  • Andi Alimuddin Unde Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia
  • Muh. Akbar Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2850

Abstract

Fenomena relasi Patron dan Klien di Kota Makassar merupakan aspek historis dan kultural yang terbentuk dalam kepercayaan masyarakat dan menjadi pola kehidupan sehari-hari. Bangsawan (patron) dianggap memiliki kekuatan yang dibutuhkan oleh masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar, sehingga mereka dianggap pantas menjadi pemimpin. Pada Pilpres 2019, kemenangan Prabowo-Sandi di Kota Makassar didukung oleh patron-patron di sana, yang memanfaatkan pola relasi patron-klien untuk memenangkan pasangan tersebut. Meskipun beberapa tokoh politik nasional mendukung Jokowi-Amin di Kota Makassar, mereka belum memiliki pengaruh yang cukup kuat untuk mempengaruhi pilihan politik masyarakat. Penelitian ini melihat bahwa ada faktor lain yang membuat pilihan politik masyarakat dapat dimobilisasi oleh elit yang berkuasa. Penelitian ini menggunakan teori Elit Lokal Pareto yang menjelaskan lapisan dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data dari wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Penelitian ini menemukan bahwa relasi patron-klien dalam kemenangan Prabowo-Sandi di Kota Makassar dipengaruhi oleh tiga faktor dominan, yaitu jaringan dan kapabilitas dari kelompok-kelompok yang memiliki kekuasaan, investasi ekonomi, dan jabatan struktural dalam birokrasi. Kemenangan Prabowo-Sandi menggunakan kekuatan relasi patron-klien yang terbentuk dari tiga kelompok besar, dengan memanfaatkan faktor terbentuknya patron-klien, faktor kultural berupa budaya Ajjoareng dan Joa' yang masih dipegang kuat oleh masyarakat Kota Makassar secara historis, faktor ekonomi yang mempengaruhi pilihan politik masyarakat, dan faktor organisasi Islam yang menguatkan relasi patron-klien dengan ideologi ketuhanan.

Published

2023-09-02

How to Cite

Wahyningsih, E. ., Unde, A. A. ., & Akbar, M. . (2023). Analisis Komunikasi Politik dalam Proses Pemenangan Prabowo-Sandi di Kota Makassar pada Tahun 2019. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7067-7078. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2850