Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Pendidikan Islam di SD Islam Fathiya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2858Abstract
Pendidikan menjadi salah satu ruang yang tepat untuk memberikan pemahaman kepada siswa bahwa manusia memiliki peranan yang besar terhadap keseimbangan lingkungan. Sekolah Dasar Islam Fathia Kota Sukabumi didirikan pada tahun 2008 yang dikelola oleh Yayasan Assyukuriah dengan lahan seluas 18.000 m2, dengan Visi lembaga pendidikan yaitu mampu menjadikan generasi unggul berdasarkan Al-quran dan Assunnah, dengan Misi membentuk karakter anak yang dapat memahami dan mengaplikasikan nilai keislaman, cerdas, dinamis dan berwawasan lingkungan. Serta mempersiapkan anak didik dengan pengetahuan dan keterampilan agar memiliki Basic Skill, Life Skill and Spiritual Skill. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang akan dikumpulkan adalah berupa data kualitatif, seperti catatan-catatan hasil wawancara dan observasi, serta didukung oleh dokumen-dokumen terkait. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan natural setting (kondisi yang alamiah). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah FGD (focus group discussion), wawancara dan observasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah hal yang sangat terpenting dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan yaitu adanya kerja sama antara sekolah dengan orang tua. solusi yang dilakukan untuk mengatasi agar penanaman pendidikan karakter dapat tercapai secara maksmal, dibutuhkan kerja sama semua pihak. Tidak hanya pihak sekolah yang mengusahakan agar penanaman karakter dapat berjalan dengan maksimal.