Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lingkungan “Leksikon Dalam Bahasa Mbojo” Untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa

Authors

  • Indah Afrianti STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Nur Wahyuni STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.286

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari beberapa langkah, yakni define, desain, develop and diseminasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran berbasis lingkungan dengan tahapan: menentukan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan projek, menyusun jadwal, monitoring kemajuan projek, menguji proses dan hasil belajar, evaluasi pengalaman. Adapun kriteria perangkat pembelajaran yang berkualitas baik pada penelitian ini yaitu 1) valid, efektif untuk kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran, 2) aktif untuk kegiatan mahasiswa, 3) tuntas untuk tes kreativitas mahasiswa, dan 4) positif untuk respon mahasiswa. Luaran yang telah dihasilkan dalam penelitian ini adalah publikasi jurnal nasional sinta 1-6 terakreditasi, buku ajar ber-ISBN, dan HKI. Teknologi yang diukur dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang berupa, RPS, Worksheet, Soal Tes Kreativitas Mahasiswa, Buku Ajar ber-ISBN, dengan kategori indikator TKT-nya adalah bidang sosial Humaniora dan Pendidikan bahasa Inggris. Berdasarkan hasil validasi data perangkat pembelajaran (buku ajar) bahasa inggris berbasis lingkungan dinyatakan layak untuk digunakan pada perkuliahan bahasa inggris karena disusun sesuai dengan standar penulisan bahan ajar, materi yang disajikan dengan baik, bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami, soal yang diberikan dapat dikerjakan oleh mahasiswa. Buku ajar juga efektif dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar mahasiswa karena terlibat secara aktif dalam menemukan materi, menemukan hubungan antara materi, mampu menerapkan pengetahuannya sehingga mahasiswa akan mampu mengkonstruksi pengetahuan yang diperoleh dari pengalamannya dan dapat meningkatkan dan mengembangkan kreativitas mahasiswa.

Published

2021-10-15

How to Cite

Afrianti, I., & Nur Wahyuni. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lingkungan “Leksikon Dalam Bahasa Mbojo” Untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 455-461. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.286