Analisis Persepsi Guru tentang Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2864Abstract
Peneitian ini dilatarbelakangi oleh rasa penasaran untuk mengetahui bagaimana persepsi para guru SD dalam pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang pembelajaran membaca pemahaman di kelas tinggi Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 30 guru SD kelas tinggi di kecamatan Karangnunggal dan Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Sedangkan objek penelitian ini adalah analisis deskriptif tentang persepsi guru dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuisioner terbuka. Persepsi guru tentang pembelajaran membaca pemahaman dilihat dari 5 indikator, yaitu Metode Pembelajaran Membaca Pemahaman, Perangkat Pembelajaran, Klaborasi pembelajaran, Kendala dalam proses pembelajaran dan Upaya mengatasi kendala. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman di SD dilakukan dengan metode/model yang beragam, perangkat dan kolaborasi pembelajaran masih terbatas, serta terdapat beberapa kendala yang mengakibatkan kurang maksimalnya pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal seperti kurangnya eksplorasi guru dalam memberikan pilihan pembelajaran membaca pemahaman, sedangkan faktor eksternal seperti sarana prasarana yang kurang mendukung, dukungan berbagai pihak, serta motivasi siswa dalam belajar.