Analisis Kompetensi dan Strategi Guru terhadap Peningkatan Kualitas Guru AUD di Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Arianty Arianty Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Rivo Panji Yudha Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2909

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai profil kesiapan kompetensi dan strategi guru PAUD di Gugus 8 Sakura Kabupaten Mimika dalam menyongsong PAUD di Era Revolusi industri 4.0 Society 5.0. Metode dalam penelitian ini bersifat asosatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui kuisioner online. Penyebaran kuisioner dilakukan di Gugus 8 Sakura Kabupaten Mimika dengan 50 responden, analisis data menggunakan program komputer SPSS for windows realese versi 20 dengan metode uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kualitas guru di Era Revolusi Industri 4.0. Koefisien regresi b1 adalah 0,232 bertanda positif artinya semakin baik nilai variabel kompetensi guru maka akan semakin tinggi nilai peningkatan kualitas guru. Variabel strategi guru juga mempunyai pengaruh positif dan siginifikan terhadap peningkatan kualitas guru di era revolusi 4.0, koefisien regresi b2 adalah 0,255 bertanda positif artinya semakin baik nilai variabel strategi guru maka akan semakin tinggi nilai peningkatan kualitas guru di era revolusi 4.0. Dari data diatas dilakukan uji hipoteisis yang menunjukan bahwa Fhitung = 19,027 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa ada
pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dan strategi guru secara
bersama-sama terhadap peningkatan kualitas guru di Era revolusi 4.0.

Published

2023-09-01

How to Cite

Arianty, A., & Yudha, R. P. . (2023). Analisis Kompetensi dan Strategi Guru terhadap Peningkatan Kualitas Guru AUD di Revolusi Industri 4.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6582-6588. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2909

Most read articles by the same author(s)