Penataan Lingkungan Main dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2929Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi sangat penting dalam memastikan bahwa anak-anak menerima pendidikan yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Salah satu aspek penting dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi merupakan penataan lingkungan bermain yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Lingkungan main yang baik mencakup area bermain yang beragam, aman dan alat serta bahan yang sesuai dengan anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif untuk mendapatkan gambaran dan pemahaman tentang penataan lingkungan main dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi di PAUD. Penelitian deskriptif kualitatif pada dasarnya melibatkan pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara. Instrumen wawancara disusun berdasarkan landasan konseptual dan landasan operasional yang telah dikembangkan oleh peneliti. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa guru menata lingkungan main dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi di PAUD berdasarkan kesiapan siswa dan minat siswa sesuai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.