Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2940Abstract
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media interaktif berbasis Adobe Flash terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada materi planet dalam tata surya. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Design atau eksperimen semu dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Dengan subjek data sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen pada kelas VI-A dan kelas kontrol pada kelas VI-B. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda seputar materi planet dalam tata surya. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,492 < a = 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka dari itu, dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar khususnya pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi planet dalam tata surya.