Manajemen Keterlibatan Orang Tua di KB TK Satria Tunas Bangsa Jln. Hasanudin No.3b, Mangunsari, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah

Authors

  • Feby Krisnawati Gogahu Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Elisabeth Lanny Wijayaningsih Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2960

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala kurangnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah dan Upaya yang telah di lakukan sekolah dalam memfasilitasi keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di KB TK Satria Tunas Bangsa  jln. Hasanudin no.3b, mangunsari, kec. Sidomukti, Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data deskriptif. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor yang menjadi kendala kurangnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah KB TK Satria Tunas Bangsa yaitu faktor status sosial yaitu pekerjaan orang tua, faktor  dari orang tua itu sendiri yaitu pengetahuan orang tua tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak disekolah masih kurang, faktor model peran orang tua yaitu peran keterlibatan dan tanggung jawab orang tua di sekolah selalu di wakilkan satu pihak saja, faktor anak. (2) upaya yang  dilakukan pihak sekolah dalam memfasilitasi keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah yang tertuang dalam Manajemen Keterlibatan Orang Tua melalui beberapa program kegiatan sekolah yaitu partisipasi pada program kegiatan sekolah, pengambilan keputusan, pembelajaran di rumah dan kegiatan sukarelawan.

Published

2023-09-07

How to Cite

Gogahu, F. K. ., & Wijayaningsih, E. L. . (2023). Manajemen Keterlibatan Orang Tua di KB TK Satria Tunas Bangsa Jln. Hasanudin No.3b, Mangunsari, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7425-7431. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2960