Penerapan Model Pembelajaran Stad untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama dan Hasil Belajar IPA Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2962Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan langkah-langkah model pembelajaran STAD dalam meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 05 Senakin Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa sikap kerja sama mengalami peningkatan dimana pada siklus I terdapat 40% siswa berada dalam kategori baik dan 25% siswa berada dalam kategori baik sekali. Pada siklus II terdapat 45% siswa berada dalam kategori baik dan 45% siswa berada dalam kategori baik sekali. Presentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Ketuntasan Hasil belajar peserta didik pada kondisi awal yaitu sebesar 30%. Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 50%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar pada siklus II sebesar 90%. Sehingga dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD.