Ahmad Abubakar (Penerapan Model Pembelajaran PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kisah Nabi Ibrahim. A. S. dan Nabi Ismail. A. S. di Kelas IV SDN 5 Sandik)

Model Pembelajaran PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Redaksi JIIP

Keywords:

Model, Pembelajaran, PAKEM, Hasil belajar

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti pada saat peneliti mengajar siswa kelas IV (Empat) SDN 5 SANDIK antara lain, rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti terkait masalah ini yaitu model pembelajaran PAKEM, berdasarkan latarbelakang tersebut, masalah dalam penelitian ini yaitu: Bimanakah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Saat Diterapkannya Model Pembelajaran PAKEM Pada Pokok Bahasan Kisah Nabi IBRAHIM. A.S. DAN NABI ISMAIL A.S. Di Kelas IV SD NEGERI 5 SANDIK Tahun Ajaran 2017-2018. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui peningkatan
Hasil Belajar Siswa Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran PAKEM Pada Pokok Bahasan Kisah Nabi IBRAHIM. A.S. DAN NABI ISMAIL A.S. Di Kelas IV SD NEGERI 5 SANDIK Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV (Empat) SDN 5 SANDIK Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV

Published

2018-10-14

How to Cite

JIIP, R. (2018). Ahmad Abubakar (Penerapan Model Pembelajaran PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kisah Nabi Ibrahim. A. S. dan Nabi Ismail. A. S. di Kelas IV SDN 5 Sandik): Model Pembelajaran PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(3), 114-120. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>