Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3001Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyusun rencana pelaksanaan belajar mandiri. kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Akhlak (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kurikulum mandiri pada mata pelajaran PAI dan etika. (3) Mendeskripsikan sistem evaluasi kurikulum belajar mandiri pada mata pelajaran PAI dan Karakteristik. 4) Mendeskripsikan faktor penghambat dan penghambat implementasi kurikulum belajar mandiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Akhlak. Jenis penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian lapangan (field research) yang bersifat naturalistik, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis dengan model Miles dan Huberman. Temuan penelitian tentang implementasi rencana Implementasi Kurikulum Pembelajaran Mandiri, di sisi lain, mencakup sekolah. Pendekatan pembelajaran dengan TaRL (Teaching at The Right Level), pakar yang relevan dalam ilmu Pratham, seorang tokoh pendidikan dari India, yang dikembangkan khusus untuk mengoptimalkan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi dasar, pendekatan PJBL (Project-Based Learning), bahkan meskipun SMA Al Khairiyah tidak melakukan pembelajaran TARL (Mengajar Pada Tingkatan yang Tepat) tetapi melaksanakan pembelajaran dengan mengundang nara sumber dan wali siswa.