Efektifitas Pengembangan Artificial Intelligence (AI) pada Chatbot MbakPia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3047Abstract
Chatbot merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan yang diprogram melalui komputer sehingga dapat melakukan dialog dengan manusia pada umumnya melalui pesan teks. Saat ini chatbot telah banyak digunakan untuk berbagai sektor kehidupan, salah satunya pada sektor ekonomi. Chatbot MbakPia merupakan salah satu pengembangan kecerdasan buatan untuk membantu pengembangan UMKM Bakpai Fadila Jogja. Banyak manfaat dan juga keuntungan dari chatbot diantaranya adalah efisiensi biaya dan juga mampu membalas pesan selama 24 jam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektifkah pengembangan Chatbot MbakPia untuk UMKM BakPia Fadila Jogja. Indikator penelitian ini menggunakan indikator dari Kettner, Moroney dan Martin (2008:262) yaitu Effort, Cost-Efficiency, Result, Cost-Effectiviness, Impact. Data diperoleh melalui wawancara yang dilakukan dengan pemilik UMKM Bakpia Fadila. Setelah diperoleh data, maka peneliti memberikan kesimpulan dari hasil wawancara. Hasil peneitian menunjukkan bahwa Effort yang dilakukan tidak efektif, sosialisasi program yang dilakukan kurang maksimal. Cost-Efficiency yang dilakukan tidak maksimal, UMKM Bakpia Fadila Jogja tidak menganggarkan biaya pengembangan Chatbot MbakPia. Result yang diperoleh UMKM Bakpia Fadila Jogja tidak sesuai dengan harapan. Cost-Effectiviness yang diperoleh juga tidak efektif, karena tidak adanya anggaran biaya sehingga biaya yang dikeluarkan tidak bisa dianggap efektif. Impact dari Chatbot MbakPia tidak ada, proses penjualan masih berjalan seperti biasa dan tidak ada perubahan antara sebelum dan setelah pengembangan Chatbot MbakPia.