Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Berpangkat Berdasarkan Teori APOS pada Siswa SMP

Authors

  • Dwi Tikla Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Helti Lygia Mampouw Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3251

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep bilangan berpangkat siswa SMP yang ditinjau berdasarkan tahapan teori APOS. Subjek terdiri dari 3 siswa kelas IX SMP Kristen Satya Wacana yang diambil secara purposive dan memiliki kemampuan matematika yang berbeda-beda dengan kategori berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian utama adalah peneliti dibantu instrumen pendukung berupa 4 soal tes pemahaman konsep bilangan berpangkat dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman konsep ketiga siswa yang menjadi subjek penelitian mengenai materi bilangan berpangkat berdasarkan teori APOS berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Siswa berkemampuan tinggi mampu mencapai skema karena siswa memiliki kemampuan matematika tinggi dan mampu mengembangkan konsep dengan baik. Pemahaman konsep yang dimiliki siswa berkemampuan sedang sangat kurang karena siswa hanya mampu mencapai tahap aksi, hal ini disebabkan karena siswa melakukan kesalahan dalam pemahaman konsep sifat-sifat pengoperasian bilangan berpangkat. Siswa berkemampuan rendah mampu mencapai tahap objek, dimana siswa masih keliru dalam operasi hitung pada soal bilangan berpangkat.

Published

2023-11-04

How to Cite

Tikla, D. ., & Mampouw, H. L. . (2023). Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Berpangkat Berdasarkan Teori APOS pada Siswa SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9433-9437. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3251