Meningkatkan Kemampuan Berbicara, Kepercayaan Diri dan Berpikir Kreatif dengan Metode Show and Tell pada Siswa Nursery
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3284Abstract
Meningkatkan Kemampuan Berbicara, Kepercayaan Diri dan Berpikir Kreatif dengan Metode Show and Tell pada Siswa Nursery
Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangnya secara optimal guna pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dini. Kemampuan ini berpengaruh pada kemampuan sosial dan komunikasi. Selain dari kemampuan berbicara, rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kreatif juga mempengaruhi kemampuan sosial dan komunikasi anak, mereka dapat mengekspresikan opininya sendiri di depan orang lain dalam komunitas mereka. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara, kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan menggunakan metode show and tell, metode ini mendorong dan menstimulasi kemampuan anak. Dengan metode show and tell, siswa berani mengekspresikan pendapatnya di depan orang banyak serta mengembangkan kemampuan berpikir kreatif anak jadi lebih ekspresif dan fleksibel dalam cara berpikirnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara, kepercayaan diri dan berpikir kreatif siswa Nursery dengan metode show and tell. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus, dengan subjek anak Nursery di TK KK yang berjumlah 13 siswa. Penilaian dilakukan dengan menggunakan rubrik observasi, dari hasil penilaian maka didapatkan nilai kemampuan berbicara, kepercayaan dan berpikir kreatif mengalami peningkatan. Dari perbandingan antara nilai pre-test dan post-test, maka dapat disimpulkan bahwa metode show and tell ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara, kepercayaan diri dan berpikir kreatif siswa.