Implementasi Metaverse untuk Optimalisasi Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka

Authors

  • Atik Suparyati Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • A. G. Tamrin Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Budi Tri Cahyono Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3286

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah Program pendidikan yang bertujuan untuk menghadirkan pendidikan yang lebih dinamis, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan masa depan. Metaverse adalah sebuah lingkungan virtual yang interaktif dan terhubung, menawarkan potensi besar untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang inovatif dan mendalam.Penggunaan Metaverse dalam pendidikan memungkinkan siswa dan pendidik untuk berinteraksi dalam dunia maya yang menyajikan berbagai konten pendidikan, simulasi, dan aktivitas kolaboratif.Artikel ini akan menyelidiki bagaimana Metaverse dapat diintegrasikan dalam pendidikan di era Kurikulum Merdeka, membahas manfaatnya dan juga tantangan dan pertimbangan etika yang terkait dengan penggunaan Metaverse. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Dengan menggunakan metode ini, tinjauan sistematis dan identifikasi jurnal dapat dilakukan. Dengan menggabungkan potensi Metaverse dengan tujuan Kurikulum Merdeka, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan dapat mengadopsi teknologi canggih ini untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih baik, lebih inklusif, dan lebih relevan dengan tuntutan masa depan. Hasil penelitian ini diharapkan meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran kolaboratif, dan memungkinkan pembelajaran sepanjang hayat.

Published

2024-02-06

How to Cite

Suparyati, A. ., Tamrin, A. G. ., & Cahyono, B. T. . (2024). Implementasi Metaverse untuk Optimalisasi Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1928-1934. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3286