Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di SMPN Negeri 1 Labuapi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3290Abstract
Program sekolah Adiwiyata diartikan sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup yang masih di terapkan SMP Negeri 1 Labuapi. Hal ini disebabkan adanya nilai karakter peduli lingkungan didalamnya, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program sekolah Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Labuapi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftip. Teknik pengumpulan data mengguanakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitaian menunjukkan bahwa implementasi program sekoah Adiwiyata dilaksanakan dengan 4 komponen Adiwiyata yaitu: (1) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif di tujukan kepada stakeholder atau unsur pimpinan sekolah dan warga sekolah secara keseluruhan, (2) sarana pendukung ramah lingkungan merupakan elemen penting yang menunjang tercapainya pelaksanaan program Adiwiyata, (3)kebijakan berwawasan lingkungan yaitu pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkanmanfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumbe daya alam untuk menopangya, (4) kurikulum berbasi lingkungan yaitu struktur kurikulum memuat pengembangan diri terkait kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sementara itu faktor faktor yang mempengaruhi implementasi program sekolah Adiwiyata meliputi faktor eksternal yaitu guru, siswa dan sarana & prasarana serta faktor internal yaitu kerjasama dengan pemerintah dan kerjasama dengan mitra sekolah.