Implementasi Fasilitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap kesiapan Pembelajaran Kewirausahaan di SMK

Authors

  • Diyan Vitariyanti Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • A.G. Tamrin Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Budi Tri Cahyono Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3292

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran SMK menggunakan kurikulum merdeka diperlukan keterampilan dan sarana prasarana yang relevan. Kemendikbudristek telah menyediakan fasilitas pendukung namun masih umum. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis fasilitas pendukung di SMK dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah harus memiliki kelayakan minimal. Modul Ajar yang digunakan dalam kurikulum Merdeka untuk jenjang SMK tentunya juga sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk dunia industri dan bisnis. Dalam kurikulum merdeka, siswa SMK diharapkan membangun karakter bangsa agar memiliki jiwa kewirausahaan yang ulet dan memiliki etos kerja yang tinggi serta tumbuh sejak dini guna menciptakan jiwa kewirausahaan oleh karena itu ditunjang dengan pendirian BLK. Pemenuhan infrastruktur yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan di dunia kerja sangat sulit dilakukan baik oleh SMK. Apalagi tren perubahan dunia kerja yang sangat dinamis dan dinamis dari kebutuhan tenaga kerja dan kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan membuat pemenuhan fasilitas penunjang kompetensi sangat sulit untuk diupayakan.

Published

2024-02-06

How to Cite

Vitariyanti, D. ., Tamrin, A. ., & Cahyono, B. T. . (2024). Implementasi Fasilitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka terhadap kesiapan Pembelajaran Kewirausahaan di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1935-1944. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3292