Pengaruh Product Based Learning terhadap Kreativitas Peserta Didik pada Materi Profil Technopreneur, Peluang Usaha dan Profesi Bidang DKV
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3293Abstract
Product based learning merupakan salah satu dari sekian banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan pada proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran berbasis produksi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh product based learning terhadap kreativitas peserta didik pada materi profil technopreneur, peluang usaha, dan profesi bidang DKV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental design. Teknik pengambilan data menggunakan angket penilaian produk kreatif, analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji independent sample t test. Lokasi penelitian ini di SMKN 1 Kasiman dengan melibatkan 72 peserta didik, diantaranya 36 peserta sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan product based learning dan 36 peserta sebagai kelompok kontrol yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian didasari uji independent sample t test menunjukkan nilai posttest dari kedua kelompok dengan Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Maka dapat dipastikan terdapat perbedaan antara posttest kedua kelompok. Kesimpulan diperoleh adanya pengaruh product based learning yang signifikan terhadap kreativitas peserta didik pada materi profil technopreneur, peluang usaha dan profesi bidang DKV di SMKN 1 Kasiman pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol dengan meninjau hasil posttest kedua kelompok.