Arif Bulan, Maman Suryaman (The Implementation Of English Lesson Plan Of Curriculum 2013 At Senior High School In Sleman Regency, Indonesia)

Implementation Of English Lesson Plan Of Curriculum 2013 At Senior High School

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi perencanaan pembelajaran bahasa Inggris sesuai kurikulum 2013 pada sekolah menengah atas negeri di kabupaten Sleman, kendala yang dialami guru dalam melakukan perencanaan pembelajaran, dan usaha yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung oleh pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 16 sekolah menengah atas negeri di kabupaten Sleman dengan sampel penelitian sebanyak 34 orang guru bahasa Inggris. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi perencanaan pembelajaran bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Sleman terlaksana dengan sangat baik. Perencanaan pembelajaran telah dilaksanakan berdasarkan pedoman penyusunan program tahunan, program semester, dan berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Published

2018-10-14

How to Cite

JIIP, R. (2018). Arif Bulan, Maman Suryaman (The Implementation Of English Lesson Plan Of Curriculum 2013 At Senior High School In Sleman Regency, Indonesia): Implementation Of English Lesson Plan Of Curriculum 2013 At Senior High School. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(3), 129-133. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/32