Manajemen Revitalisasi Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Produktif di SMKN 13 Bandung

Authors

  • Donni Muhamad Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Heru Sujiarto Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ade Tutty R. Rosa Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.330

Keywords:

Manajemen, Sarana, Prasarana, Revitalisasi, Pembelajaran Produktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menghasilkan solusi tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, kendala, serta upaya untuk mengatasi kendala pada pemanfaatan sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran yang efektif di SMKN 13 Bandung. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori manajemen yang dikemukakan oleh George R Terry meliputi Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controlling (Pengawasan). Prosedur penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi sarana dan prasarana pada kompetensi keahlian Kimia Analisis telah dilaksanakan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan, hal ini terlihat dari kesungguhan sekolah dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang mengarah pada efektivitas pembelajaran produktif dan peningkatan kompetensi siswa SMK.

Published

2021-11-24

How to Cite

Muhamad, D., Sujiarto, H., & R. Rosa, A. T. (2021). Manajemen Revitalisasi Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Produktif di SMKN 13 Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 668-672. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.330