Implementasi Instrumen Pengukuran Sikap Toleransi Peserta Didik Oleh Guru PPKN
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3301Abstract
Instrument pengukuran sikap adalah alat yang di gunakan untuk mengukur ranah afektif peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk dan implementasi instrument pengukuran sikap toleransi peserta didik oleh Guru PPKn di SMPN 7 Mataram. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data di peroleh melalui Guru PPKn kelas VII. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan Teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan data model interaktif yang di kembangkan Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari tiga tingkatan yakni: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument yang digunakan oleh Guru PPKn menggunakan instrument non tes dengan melalui pengamatan secara langsung didalam kelas, penerapannya dengan cara membuat kelompok belajar didalam kelas, melakukan sesi tanya jawab dan memberikan lembaran angket pengukuran sikap peserta didik.