Kajian Deskriptif Kurikulum Islam Menurut Ali Ahmad Madkur

Authors

  • Yuli Supriani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Kardi Leo Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Izzuddin Musthafa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.332

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang kurikulum islam menurut Ali Ahmad Madkur. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode library research. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sesungguhnya integrasi  pengalaman  manusia  didalam kurikulum pendidikan Islam relevan dengan pemikiran Islam alam (al-kaun), 2) Sesungguhnya aturan-aturan langit seharusnya menciptakan kesatuan  prinsip,  yaitu;  seluruhnya  dari Allah yang  satu dan mengajak/menyeru kepada prinsip-prinsip aqidah, 3) Asal  penciptaan itu  adalah  satu, dan  penciptaan itu merupakan sumber kehendak langsung dari Allah Yang Maha Esa, 4) Asal agama-agama itu  adalah  satu,  yaitu  beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya, 5) Para Nabi asalnya adalah satu, dan mereka merupakan umat yang satu serta memiliki tujuan yang satu pula, 6) Asal  alam  itu  adalah  terintegrasi,  asal  humaniora  yang satu itu juga adalah terintegrasi, 7) Pembentukan manusia     yang mampu secara     positif  dan  aktif (interaktif)  didalam  membangun  atau  mengolah  bumi (sumber Daya Alam) sesuai dengan metode (pedoman, aturan) Allah SWT, 8) Integrasi itu ada tiga  macam,    yaitu; integrasi horizontal, vertical dan eksternal, 9) Sesungguhnya integrasi itu  tujuan   akhirnya   adalah komunikasi belajar untuk  mencapai   hasil paripurna (darajat-u al-kamal) yang telah disiapkan  (difasilitasi) oleh Allah SWT, 10) Sesungguhnya  materi  kurikulum  itu, memungkinkan untuk dibagi menjadi enam bidang yang saling melengkapi,  diantaranya; ilmu-ilmu puisi  dan hukum, ilmu-ilmu humaniora, ilmu-ilmu eksakta, ilmu-ilmu biologi, ilmu-ilmu seni  ekspresif  dan  pendidikan  olah raga.

Published

2021-11-28

How to Cite

Supriani, Y., Leo, K. ., & Musthafa, I. . . (2021). Kajian Deskriptif Kurikulum Islam Menurut Ali Ahmad Madkur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 698-706. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.332