Pengembangan Bahan Ajar Etika Profesi Refraksionis Optisien/Optometris dengan Model Dick dan Carey pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3334Abstract
Pengembangan bahan ajar matakuliah etika profesi refraksionis optisien/optometris pada mahasiswa di Akademi Refraksi Optisi Leprindo bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang efektif dan efisien bagi mahasiswa dan mempermudah bagi pengajar dalam melaksanakan proses perkuliahan. Pemilihan Pengembangan Bahan ajar etika profesi refraksionis optisien/optometris pada Mahasiswa Semester V di Akademi Refraksi Optisi LEPRINDO dengan menggunakan Model Dick dan Carey, model ini terprogram yang disusun dengan urutan secara sistematis berdasarkan landasan teoritis desain pembelajaran yang menjadi pilihan dalam pengembangan ini. Dengan mengurai masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran untuk kesediaan sumber belajar sesuai kebutuhan mahasiswa. Produk bahan ajar etika profesi refraksionis optisien/optometris pada Mahasiswa di Akademi Refraksi Optisi LEPRINDO dapat digunakan sebagai sumber belajar terbukti dengan angket validasi ahli dan uji kelayakan di sebagian mahasiswa yang menunjukkan 4.5 hasil ini menunjukan bahwa bahan ajar etika profesi Refraksionis Optisien sangat layak dan prosentase kelayakan akan manfaat bahan ajar 75% terbukti bahwa bahan ajar etika profesi refraksionis optisien/optometris pada Mahasiswa Semester V di Akademi Refraksi Optisi LEPRINDO sangat Layak yang sudah sesuai teori yang ada. Dalam kegiatan perkuliahan etika Profesi Refraksionis Optisien/Optometris penulis menyarankan hendaknya memakai produk bahan ajar ini sebagai sumber belajar untuk mempermudah dalam perkuliahan dan evaluasi materi mata kuliah tiap tahun sebagai upgrade ilmu pengetahuan yang baru dan informasi terkait tentang perkembangan profesi.