Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3337Abstract
Penelitian ini fokus pada peran kunci kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, dan dampaknya pada profesionalisme guru. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk memahami secara mendalam fenomena peningkatan profesionalisme guru. Data dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti model Miles and Huberman, memastikan keobjektifan dan keabsahan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan kerja inspiratif melalui kebijakan musyawarah, diskusi bulanan, pelatihan guru, dan penguatan komunikasi. Meskipun demikian, tantangan seperti loyalitas guru, keterbatasan dana, pemahaman perangkat pembelajaran, dan kurangnya perhatian terhadap kewajiban profesional perlu diperhatikan.