Pemanfaatan E-Modul Berbasis Multimodal sebagai Media Pembelajaran Menulis Berita

Authors

  • Ulil Himmah Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Munawir Yusuf Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Nur Arifah Drajati Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3342

Abstract

Dalam konteks globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, semua sarana komunikasi di bawah teori multimodalitas menjadi lebih signifikan. Multimodalitas merujuk pada penggunaan beragam sumber komunikasi verbal dan visual untuk menciptakan berbagai jenis dan tingkat keterlibatan dialogis dalam suatu teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan E-modul berbasis multimodal sebagai media pembelajaran menulis berita untuk mendukung transparansi publik. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen berupa hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan fokus penelitian yang dimuat di dalam jurnal nasional maupun internasional. Teknik analisis data menggunakan teknik naratif komparatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa E-modul berbasis multimodal sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran menulis berita. Perlu dikembangan E-modul berbasis multimodal sebagai media pembelajaran menulis berita untuk meningkatkan kemampuan menulis berita.

Published

2024-02-01

How to Cite

Himmah, U. ., Yusuf, M. ., & Drajati, N. A. . (2024). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Multimodal sebagai Media Pembelajaran Menulis Berita. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1241-1248. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3342