Pengembangan E-Modul Berbasis Multimodal untuk Mendukung Pembelajaran PJOK pada Siswa SD

Authors

  • Sukartini Nani Saputri Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Nur Arifah Drajati Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Fatma Sukmawati Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3343

Abstract

Artikel ini membahas pengembangan desain dan produk dari media pembelajaran PJOK di SD berupa aplikasi Penggunaan modul elektronik (e-modul) dalam konteks pembelajaran memungkinkan para guru untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan kreatif peserta didik, serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan (e-modul)  pada pembelajaran PJOK. E-modul sering kali mengadopsi pendekatan penyampaian digital multimodal guna menciptakan pengalaman belajar yang berarti dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung Kemampuan belajar siswa melalui pengembangan e-modul berbasis multimodal. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, serta 9 orang siswa sebagai subjek uji coba perorangan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan angket dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi (97%), hasil review ahli desain (95,4%), hasil review ahli media (97,5%), hasil uji coba perorangan (90%), dan hasil uji coba kelompok kecil (93,7%). Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan berada dalam kualifikasi sangat baik, sehingga sangat layak untuk dikembangkan dan dibelajarkan kepada peserta didik.

Published

2024-02-01

How to Cite

Saputri, S. N. ., Drajati, N. A. ., & Sukmawati, F. . (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Multimodal untuk Mendukung Pembelajaran PJOK pada Siswa SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1234-1240. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3343