Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3344Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Islamiyah Jatigede, Sumberrejo, Bojonegoro yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IV Madrasah Islamiyah Jatigede, Sumberrejo, Bojonegoro. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan metode tes. Data dianalis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase hasil belajar akidah akhlak siswa pada siklus I sebesar 44% dengan kategori “Sangat Rendah”. Sedangkan pada siklus II sebesar 88% dengan kategori “Tinggi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IV Madrasah Islamiyah Jatigede, Sumberrejo, Bojonegoro.