Video Interaktif untuk Optimalisasi Kemampuan Bernalar Kritis Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Elisa Riani Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Triana Rejekiningsih Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Eka Budhi Santosa Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan rendahkan kemampuan bernalar kritis peserta didik sebagai aspek penting dari Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian dirancang dengan pendekatan kuantitatif melalui desain pre-experimental dengan mengadopsi model one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini merupakan 30 peserta didik kelas V di SDN Pejambon Bojonegoro. Data yang telah dikumpulkan melalui tes kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan video interaktif memiliki penharuh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan bernalar kritis peserta didik. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya melalui media video, memperkaya pengalaman belajar dan memfasilitasi pengembangan kemampuan bernalar kritis peserta didik, yang dapat mewujudkan tujuan Profil Pelajar Pancasila.

Published

2024-02-01

How to Cite

Riani, E., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2024). Video Interaktif untuk Optimalisasi Kemampuan Bernalar Kritis Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1249-1257. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3345